Tentang Salam Labura

LATAR BELAKANG

Kabupaten Labuhanbatu Utara terbentuk berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2008 tanggal 21 Juli 2008 tentang Pemekaran Kabupaten Labuhanbatu Utara di Sumatera Utara. Dalam proses pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara menjadi lebih baik lagi, dibutuhkan peran serta dari setiap elemen, baik dari Pemerintah itu sendiri, para stakeholder, dan juga masyarakat. Masyarakat sendiri adalah salah satu elemen penting yang tidak bisa dilepaskan dalam proses pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara menjadi lebih baik lagi. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam membantu proses pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara adalah dengan memberikan kritik, saran, atau pun melaporkan hal-hal yang dirasa perlu untuk diketahui oleh pihak pemerintah seperti masalah pelayanan publik, masalah infrastruktur, masalah sosial, dan lain sebagainya.

Untuk menyerap dan mengumpulkan aspirasi tersebut, maka perlu dibuat sebuah sistem berbasis elektronik yang dapat digunakan oleh segenap lapisan masyarakat untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasinya dan sekaligus memudahkan pihak pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam mengumpulkan aspirasi tersebut dan kemudian mendistribusikannya ke pihak-pihak atau instansi terkait untuk segera ditanggapi. Adapun nama yang akan diberikan untuk sistem ini adalah SALAM Labura yang merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Laporan dan Aspirasi Masyarakat Labuhanbatu Utara.

MAKSUD

Sistem aplikasi laporan masyarakat ini dibuat dan dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara yang dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya ke Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara, baik itu berupa pertanyaan, kritik, saran, atau laporan tentang apa-apa yang ingin disampaikan atau dikeluhkan, misalnya tentang masalah layanan publik, masalah kesehatan, masalah pendidikan, masalah sosial, masalah infrastruktur, dan lain sebagainya.

TUJUAN

Adapun tujuan dari Sistem aplikasi laporan masyarakat ini adalah:

  1. Memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya dengan memanfaatkan media elektronik.
  2. Memudahkan pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara menyerap aspirasi masyarakat Labuhanbatu Utara untuk segera ditindaklanjuti.
  3. Mempercepat Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara memberikan tanggapan kepada masyarakat yang melayangkan aspirasinya.
Close